HUKUM MEMBELI BARANG DARI ORANG KAFIR PADAHAL ADA MUSLIM LAIN YANG MENJUALNYA

HUKUM MEMBELI BARANG DARI ORANG KAFIR PADAHAL ADA MUSLIM LAIN YANG MENJUALNYA

Beritahu yang lain

Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Penerjemah: Al Ustadz Abu Utsman Kharisman

Pertanyaan ke-3 pada fatwa nomor 3323:

Apakah hukum seseorang meninggalkan kaum muslimin dengan tidak menolong mereka, tidak ridha dan senang untuk membeli dari kaum muslimin, serta lebih suka membeli dari toko-toko orang kafir. Apakah ini halal ataukah haram?

Jawaban al-Lajnah ad-Daaimah :

Secara asal, seorang muslim boleh membeli kebutuhan yang Allah halalkan baginya dari (penjual) muslim maupun kafir. Nabi shollallahu alaihi wasallam pernah membeli dari Yahudi.

Namun, jika seorang muslim tidak mau membeli dari saudaranya sesama muslim tanpa sebab yang diperbolehkan, seperti jika ia menipu, mengangkat harga terlalu tinggi, kualitas barang yang rendah, atau sebab lain yang diperbolehkan, kemudian ia lebih suka membeli dari orang kafir, lebih mendahulukan membeli dari orang kafir dibandingkan orang muslim tanpa sebab yang diperbolehkan, ini adalah haram. Karena itu termasuk sikap berloyalitas, ridha, dan cinta kepada kaum kafir. Hal itu juga akan menyebabkan berkurangnya perdagangan kaum muslimin, kerugian, dan tidak lakunya barang dagangan mereka jika hal itu menjadi suatu kebiasaan yang diikuti.

Namun, jika ada sebab yang membuat seseorang berpindah tidak membeli barang dagangan dari seorang muslim karena sebab seperti yang telah disebutkan sebelumnya (suka menipu, harga terlalu tinggi, kualitas barang rendah, -pen), hendaknya ia menasihati saudaranya sesama muslim itu untuk meninggalkan kekurangan-kekurangan itu. Jika penjual muslim itu menerima nasihat (mau berubah, -pen) alhamdulillah. Kalau tidak, ia bisa berpindah pada penjual lainnya, meskipun penjual yang lain itu adalah kafir yang baik dalam menjual manfaat dan jujur dalam muamalahnya.

Hanya dari Allahlah taufiq, dan semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga, dan para Sahabat beliau.

Al-Lajnah ad-Daaimah lil Buhuts al-โ€˜Ilmiyyah wal Iftaaโ€™:

Ketua: Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz
Wakil Ketua: Abdurrazzaq Afifi
Anggota: Abdullah bin Ghudayyan
Anggota: Abdullah bin Quโ€™ud

๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฆLafadz Fatwa dalam Bahasa Arab:

ุงู„ุณุคุงู„ ุงู„ุซุงู„ุซ ู…ู† ุงู„ูุชูˆู‰ ุฑู‚ู… ( 3323 )
ุณ3: ู…ุง ุญูƒู… ุชุฑูƒ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุงู„ุชุนุงูˆู† ุจูŠู†ู‡ู… ุจุฃู† ู„ุง ูŠุฑุถู‰ ูˆู„ุง ูŠุญุจ ุฃู† ูŠุดุชุฑูŠ ู…ู† ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†ุŒ ูˆูŠุฑุบุจ ููŠ ุงู„ุดุฑุงุก ู…ู† ุฏูƒุงูƒูŠู† ุงู„ูƒูุงุฑุŒ ู‡ู„ ู‡ุฐุง ุญู„ุงู„ ุฃู… ุญุฑุงู…ุŸ
ุฌ3: ุงู„ุฃุตู„ ุฌูˆุงุฒ ุดุฑุงุก ุงู„ู…ุณู„ู… ู…ุง ูŠุญุชุงุฌู‡ ู…ู…ุง ุฃุญู„ ุงู„ู„ู‡ ู„ู‡ ู…ู† ุงู„ู…ุณู„ู… ุฃูˆ ู…ู† ุงู„ูƒุงูุฑุŒ ูˆู‚ุฏ ุงุดุชุฑู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…ู† ุงู„ูŠู‡ูˆุฏุŒ ู„ูƒู† ุฅุฐุง ูƒุงู† ุนุฏูˆู„ ุงู„ู…ุณู„ู… ุนู† ุงู„ุดุฑุงุก ู…ู† ุฃุฎูŠู‡ ุงู„ู…ุณู„ู… ู…ู† ุบูŠุฑ ุณุจุจ ู…ู† ุบุด ูˆุฑูุน ุฃุณุนุงุฑ ูˆุฑุฏุงุกุฉ ุณู„ุนุฉ ุฅู„ู‰ ู…ุญุจุฉ ุงู„ุดุฑุงุก ู…ู† ูƒุงูุฑ ูˆุงู„ุฑุบุจุฉ ููŠ ุฐู„ูƒ ูˆุฅูŠุซุงุฑู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู… ุฏูˆู† ู…ุจุฑุฑ – ูู‡ุฐุง ุญุฑุงู…ุ› ู„ู…ุง ููŠู‡ ู…ู† ู…ูˆุงู„ุงุฉ ุงู„ูƒูุงุฑ ูˆุฑุถุงุก ุนู†ู‡ู… ูˆู…ุญุจุฉ ู„ู‡ู…ุŒ ูˆู„ู…ุง ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ู†ู‚ุต ุนู„ู‰ ุชุฌุงุฑ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆูƒุณุงุฏ ุณู„ุนู‡ู…ุŒ ูˆุนุฏู… ุฑูˆุงุฌู‡ุง ุฅุฐุง ุงุชุฎุฐ ุงู„ู…ุณู„ู… ุฐู„ูƒ ุนุงุฏุฉ ู„ู‡ุŒ ูˆุฃู…ุง ุฅู† ูƒุงู†ุช ู‡ู†ุงูƒ ุฏูˆุงุน ู„ู„ุนุฏูˆู„ ู…ู† ู†ุญูˆ ู…ุง ุชู‚ุฏู… ูุนู„ูŠู‡ ุฃู† ูŠู†ุตุญ ู„ุฃุฎูŠู‡ ุงู„ู…ุณู„ู… ุจุชุฑูƒ ู…ุง ูŠุตุฑูู‡ ุนู†ู‡ ู…ู† ุงู„ุนูŠูˆุจุŒ ูุฅู† ุงู†ุชุตุญ ูุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ุŒ ูˆุฅู„ุง ุนุฏู„ ุนู†ู‡ ุฅู„ู‰ ุบูŠุฑู‡ุŒ ูˆู„ูˆ ุฅู„ู‰ ูƒุงูุฑ ูŠุญุณู† ุชุจุงุฏู„ ุงู„ู…ู†ุงูุน ูˆูŠุตุฏู‚ ููŠ ู…ุนุงู…ู„ุชู‡.
ูˆุจุงู„ู„ู‡ ุงู„ุชูˆููŠู‚ ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู….

ุงู„ู„ุฌู†ุฉ ุงู„ุฏุงุฆู…ุฉ ู„ู„ุจุญูˆุซ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ ูˆุงู„ุฅูุชุงุก
ุนุถูˆ โ€ฆ ุนุถูˆ โ€ฆ ู†ุงุฆุจ ุฑุฆูŠุณ ุงู„ู„ุฌู†ุฉ โ€ฆ ุงู„ุฑุฆูŠุณ
ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ู‚ุนูˆุฏ โ€ฆ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุบุฏูŠุงู† โ€ฆ ุนุจุฏ ุงู„ุฑุฒุงู‚ ุนููŠููŠ โ€ฆ ุนุจุฏ ุงู„ุนุฒูŠุฒ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุจุงุฒ