HUKUM SALAT ORANG YANG MEMAKAI JIMAT

HUKUM SALAT ORANG YANG MEMAKAI JIMAT

Beritahu yang lain

Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Penerjemah: Oleh Al Ustadz Abu Utsman Kharisman

Pertanyaan:

Seseorang bertanya: Apakah hukum salat atau melaksanakan ibadah apapun bagi orang yang di tangannya terdapat jimat?

Jawaban Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah:

Jimat adalah haram, tidak diperbolehkan. Termasuk kesyirikan kecil. Bisa juga mengarah pada kesyirikan besar. Salatnya sah, jika hatinya tidak bergantung (penuh) pada jimat itu dan tidak meyakini bahwasanya jimat itu memberikan mudharat atau manfaat. Artinya, selama ia tidak terjatuh pada kesyirikan besar. Kesyirikan kecil tidaklah membatalkan amalan. Riya’ saja yang membatalkan amalan, jika mengiringi amalan itu.

Adapun jimat dengan berbagai macamnya, jika dikalungkan di leher, atau diikatkan di tangan, jimat yang disebut sebagian manusia sebagai al-Hirz, atau disebut juga al-Hijaab, atau al-Jaami’ah, yang dibuat dari untaian manik-manik, atau dari tulang, atau mantera berisi potongan-potongan huruf, atau dari ayat-ayat Quran, atau dari doa-doa Nabi, atau selainnya. Ada juga yang dikalungkan pada anak kecil untuk mencegah ain atau mencegah serangan jin. Ada juga yang dikalungkan pada orang tua, atau orang yang sakit. Semua ini salah, tidak diperbolehkan.

Namun, hal itu tidak mencegah sahnya salatnya. Ia tetap muslim dan salatnya sah.

Pemakaian jimat itu adalah kesalahan darinya karena itu termasuk kesyirikan kecil. Termasuk yang dilarang. Namun tidaklah merupakan kesyirikan besar atau naik menjadi syirik besar, kecuali jika hatinya tergantung pada jimat itu dan meyakini bahwasanya jimat itu bisa berbuat dan memberikan manfaat secara tersendiri (tanpa pertolongan) Allah. Ia tidak meyakininya sebagai sebab. Tapi ia meyakini bahwasanya jimat itu bisa menyembuhkan dengan sendirinya. Ini adalah keyakinan yang berbahaya dan termasuk syirik besar. Namun, kebanyakannya seorang muslim tidak berkeyakinan demikian. Ia hanya meyakini bahwa jimat itu hanyalah penyebab.

Nabi shollallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ تَعَلَّقَ تَمِيمَةً فَلَا أَتَمَّ اللَّهُ لَهُ وَمَنْ تَعَلَّقَ وَدَعَةً فَلَا وَدَعَ اللَّهُ لَهُ

Barangsiapa yang menggantungkan tamiimah (semacam manik-manik), maka Allah tidak akan menyempurnakan tujuannya. Dan barangsiapa yang menggantungkan wada’ah (semacam kerang) Allah tidak akan memberikan ketenangan padanya (H.R Ahmad)

مَنْ عَلَّقَ تَمِيْمَةً فَقَدْ أَشْرَكَ

Dan barangsiapa yang menggantungkan jimat, ia telah berbuat kesyirikan (H.R Ahmad)

Rasul telah menjelaskan keharaman jimat-jimat itu dan haramnya menggantungkan jimat. Wajib bagi seorang yang beriman untuk bertaubat kepada Allah dari perbuatan itu. Demikianlah seharusnya bagi orang yang beriman untuk bertaubat dari perbuatan tersebut. Hendaknya ia memutus jimat-jimat itu. Menjauhinya secara mutlak. Meskipun berupa ayat-ayat Quran, wajib diputuskan.

Karena Rasul shollallahu alaihi wasallam melarang dan memperingatkan dari seluruh jimat. Beliau tidak mengecualikannya. Menggantungkan jimat yang berupa ayat alQuran bisa menjadi sarana yang mengarahkan pada sikap menggantungkan jimat-jimat yang lain.

Wajib untuk menutup pintu kesyirikan dan hal-hal yang mengarah padanya. Ini adalah nasihatku bagi setiap muslim. Wajib baginya untuk menjauhi jimat-jimat, jangan menggantungkan (memakainya). Jangan dipakai di bahu, leher, atau selainnya. Jangan menggantungkan pada anaknya, istrinya, atau selainnya.

Mestinya mereka berlindung kepada Allah. Berlindung dengan Kalimat-Kalimat Allah yang sempurna dari (keburukan) makhluk dan membaca dzikir-dzikir yang disyariatkan. Wirid-wirid dan doa-doa yang syar’i adalah baik dan mencukupi. Tidak perlu dengan jimat-jimat. Inilah yang wajib dilakukan setiap muslim.

(Fataawa Nurun alad Darb lisy Syaikh Bin Baz (1/58-59))

????????Naskah Fatwa dalam Bahasa Arab:

حكم صلاة من بيده تميمة
س 20: سائل يقول: ما حكم من صلى أو أدى أي عبادة من العبادات وبيده تميمة؟
الجواب: التميمة محرمة ولا تجوز، وهي من الشرك الأصغر، وقد تجر إلى الشرك الأكبر، فصلاته صحيحة إذا كانت التميمة لم يعلق بها قلبه ويعتقد فيها أنها تضر وتنفع، يعني لم يقع في الشرك الأكبر، فالشرك الأصغر لا يبطل الأعمال، وإنما ( الرياء ) فقط يبطل الأعمال التي ( يقارنها).
وأما جنس التميمة، إذا علق تميمة في عنقه أو في يده- والتميمة يسميها بعض الناس: الحرز وبعضهم يسميها: الحجاب، ويسميها بعض الناس: الجامعة، وهي تتخذ من خرزات أو من عظام أو من طلاسم حروف مقطعة، أو من آيات قرآنية، أو من دعوات نبوية، أو غير ذلك، يعلقونها على الأولاد من العين، وربما علقوها عن الجن، وربما علقوها على الكبير وعلى المريض وكل هذا غلط لا يجوز. ولكن هذا لا يمنع من صحة الصلاة فهو مسلم وصلاته صحيحة، وهذا غلط منه لأنه من الشرك الأصغر، ومما يمنع، لكن لا يكون من الشرك الأكبر ولا يرتقي إلى الشرك الأكبر، إلا إذا علق قلبه بها واعتقد أنها تتصرف وتنفع مستقلة دون الله فلا يعتقد أنها سبب بل يظن أو يعتقد أنها تشفي بنفسها، فهذا اعتقاد خطير، وشرك أكبر، ولكن في الغالب أن المسلم لا يعتقد ذلك، ولكن يظن أنها من الأسباب.
وقد قال النبي صلى الله عليه وسلم : « من تعلق تميمة فلا أتم الله له ومن تعلق ودعة فلا ودع الله له ومن تعلق تميمة فقد أشرك » فالرسول بين حرمة هذه التمائم وحرمة تعليقها، فالواجب على المؤمن التوبة إلى الله من ذلك إذا فعل هذا. وهكذا المؤمن عليه التوبة إلى الله من هذا الشيء، وقطع هذه التمائم، والحذر منها مطلقا، ولو كانت من الآيات القرآنية يجب قطعها؛ لأن الرسول صلى الله عليه وسلم نهى عن التمائم وحذر منها كلها، ولم يستثن شيئا، ولأن تعليق التمائم من القرآن وسيلة إلى تعليق التمائم الأخرى، فالواجب سد باب الشرك وسد ذرائعه. فهذه نصيحتي لكل مسلم أن الواجب عليه أن يحذر التمائم وهي الحروز فلا يعلقها، لا بكتفه ولا برقبته ولا بغير ذلك، ولا على ولده ولا على زوجته ولا على غير ذلك، بل يعتصم بالله، ويتعوذ بكلمات الله التامات من شر ما خلق ويتعاطى الأذكار الشرعية، والأوراد الشرعية والدعوات الطيبة ويكفي، ولا حاجة إلى التمائم والحروز، هذا هو الواجب على كل مسلم.