Oleh Al-Ustadz Abu Muhammad Harits
Di antara kondisi masyarakat jahiliyah yang diwarnai dengan paganisme dan kemaksiatan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lahir di tengah keluarga Bani Hasyim di Makkah pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ul Awwal tahun Gajah. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam dilahirkan dalam keadaan yatim karena ayahnya, ‘Abdullah bin ‘Abdul Mutthalib meninggal ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berada dalam rahim ibunya, Aminah bintu Wahb. Kelahiran ini disambut dengan sukacita oleh kakeknya, ‘Abdul Mutthalib, yang kemudian memberinya nama Muhammad, suatu nama yang pada waktu itu belum dikenal di kalangan Arab.
Sebagaimana adat di kalangan bangsa Arab, Aminah bintu Wahb mencari ibu susuan bagi putranya yang baru lahir. Wanita pertama yang menjadi ibu susu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah Tsuwaibah, sahaya Abu Lahab. Kemudian bersama Halimah bintu al-Harits as-Sa’diyyah, ibu susunya setelah Tsuwaibah, dan al-Harits bin ‘Abdil ‘Uzza, suami Halimah, beliau tinggal di tengah-tengah Bani Sa’d. Dengan hadirnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di tengah keluarga al-Harits, Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan limpahan barakah-Nya bagi keluarga ini.
Saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam – yang waktu itu masih berusia kanak-kanak – berada di tengah Bani Sa’d, terjadi peristiwa pembelahan dada beliau oleh dua orang malaikat. Dikeluarkan dari dalam hati beliau gumpalan darah hitam, kemudian hati itu dicuci dan dituangkan ke dalamnya ketenangan, serta diberikan kepada beliau tanda kenabian. Peristiwa ini mengantarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk kembali dalam asuhan ibunya. a
Tak lama beliau menikmati kebersamaan itu. Aminah meninggal dunia karena sakit di Abwa’ dalam perjalanan kembali ke Makkah dari Madinah, setelah mengajak putranya berkunjung pada keluarga ayahnya dari Bani ‘Adi bin an-Najjar. Saat itu usia beliau baru menginjak enam tahun. Maka berpindahlah asuhan pada kakek beliau ‘Abdul Mutthalib bin Hisyam yang amat sangat mencintai cucunya ini.
Akan tetapi, asuhan yang penuh kasih sayang itu tidak berlangsung lama pula, karena ‘Abdul Mutthalib meninggal dunia ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berusia delapan tahun. Kini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berada dalam asuhan Abu Thalib bin ‘Abdul Mutthalib, saudara kandung ayah beliau. Abu Thalib sangat mengasihi dan mengutamakan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam lebih daripada anak-anaknya sendiri.
Tatkala berusia dua belas tahun, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam turut dalam rombongan Abu Thalib beserta beberapa orang Quraisy untuk berdagang ke Syam. Dalam perjalanan itu mereka bertemu dengan pendeta yang bernama Bahira. Pendeta inilah yang mengabarkan kepada mereka bahwa Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam kelak akan menjadi seorang nabi. Dia mengetahui hal ini dari sifat-sifat beliau shallallahu ‘alaihi wasallam yang dia kenali sebagai tanda-tanda kenabian. Bahira menyarankan agar tidak membawa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam perjalanan mereka ke Syam karena khawatir orang-orang Yahudi akan menimpakan bahaya kepada beliau apabila mengetahui di antara rombongan itu ada seseorang yang kelak akan diangkat sebagai nabi.
Ketika usia beliau mencapai dua puluh lima tahun, beliau pergi ke Syam membawa barang-barang perdagangan Khadijah bintu Khuwailid. Perjalanan beliau disertai oleh pembantu Khadijah yang bernama Maisarah. Selama bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, Maisarah terkesan dengan sifat-sifat beliau yang mulia serta kejujuran beliau. Maka diceritakanlah semua yang dilihatnya pada diri beliau kepada Khadijah yang tercengang dengan keuntungan dagangan yang melimpah yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Tergeraklah hati wanita yang mulia ini untuk menikah dengan beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menerima tawaran tersebut dan meminang Khadijah bersama paman-paman beliau. Dari pernikahan ini Allah subhanahu wa ta’ala mengaruniai anak-anak, al-Qasim, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Fathimah dan ‘Abdullah. Namun di antara putra-putri beliau hanya anak-anak perempuan beliau saja yang mencapai usia dewasa.
Dengan sifat beliau yang mulia, beliau mendapatkan gelar al-Amin (yang terpercaya). Oleh karena itulah para pemuka Quraisy mempercayai beliau untuk menjadi penengah ketika mereka bertikai tentang siapa yang paling berhak menempatkan Hajar Aswad ke tempatnya semula dalam renovasi Ka’bah yang mereka lakukan. Maka beliau meminta sebuah kain dan meletakkan Hajar Aswad di atasnya, lalu meminta masing-masing pemuka kabilah untuk memegang ujung-ujung kain tersebut dan mengangkatnya bersama-sama, kemudian beliau letakkan Hajar Aswad ke tempatnya semula dengan tangan beliau.
Dengan penjagaan Allah subhanahu wa ta’ala, di kalangan kaumnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjadi orang yang paling utama kesantunannya, paling baik akhlaknya, paling mulia pergaulannya, paling besar kesabarannya, paling benar perkataannya, dan paling menjaga amanah yang dibebankan. Berbeda dengan kondisi kaumnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sangat membenci penyembahan berhala. Bahkan tidak ada yang lebih beliau benci daripada hal ini. Beliau senang mengasingkan diri ke gua Hira’. Di sana beliau merenungkan keadaan manusia yang diselimuti kegelapan jahiliyah yang tidak akan diterima oleh akal dan fitrah yang selamat. Hal ini menjadi kebiasaan beliau hingga suatu saat nanti Allah subhanahu wa ta’ala mengutus Jibril ‘alaihis salam menemui beliau di gua itu untuk menyampaikan wahyu.
Wallahu ta’ala a’lamu bish-shawab.
Sumber bacaan :
Ar-Rahiqul Makhtum, karya asy-Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfury, Mukhtashar Sirah ar-Rasul, karya asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab, Shahihus Sirah an-Nabawiyah, karya asy-Syaikh Ibrahim al-‘Aly