Nasehat Sangat Menyentuh Hati dari
asy-Syaikh Abu ‘Utsman Muhammad al-’Anjari hafizhahullah
بسم الله، والحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله محمد، صلى الله عليه وعلى آله وصحبه وسلم،
As-Salafiyyah itu berat. Sebagaimana dalam firman Allah, “Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu perkataan yang berat.” (al-Muzzammil : 5). Tidak semua orang mampu mengemban tugas yang berat. Perkara yang berat itu tidak disukai oleh manusia. Sementara al-Haq itu berat. “al-Jannah (surga) itu dikelilingi oleh hal-hal yang dibenci.” (at-Tirmidzi 2559, shahih) Maka orang yang ingin menjadikan agama ini sebagai tangga untuk meraih kedudukan, harta, atau ambisi-ambisi duniawi maka ketauhilah bahwa manhaj yang haq ini tidak cocok untuk merealisasikan ambisi, kepentingan, dan penyakitnya tersebut!!
As-Salafiyyah itu bersih dari penyakit-penyakit. As-salafiyyah itu mengharuskan adanya furqan (pembeda) yang jelas. Dan furqan itu tanggung jawab yang berat. Semua orang tahu furqan dengan mereka (para ahli batil), namun mampukah dia mengangkat bendera as-Salafiyyah ini di hadapan lawan-lawan dan musuh-musuh serta kelompok-kelompok sesat, bahkan di hadapan negara-negara? Sungguh ini adalah tanggung jawab yang sangat berat wahai saudaraku! Tidak ada cara (agar mampu mengembannya) kecuali dengan bersabar, dan keteguhan, serta memohon kepada Allah jalla wa ‘ala. Harus teguh di atas jalan ini.
Berapa banyak kita mendengar dulu orang-orang mengingkari kita (salafiyyin) atas bantahan-bantahan (terhadap ahlul batil), yakni 10 tahun yang lalu atau lebih. Namun hari ini bantahan (terhadap ahlul batil) menjadi materi yang tersebar. Dulu orang-orang menjelek-jelekkan (bantahan terhadap ahlul batil).
Berapa banyak orang yang dulu kita tahdzir (peringatkan) dari bahaya Ihyaut Turats, kita katakan bahwa manhaj ‘Abdurrahman Abdul Khaliq adalah manhaj yang menyimpang dari manhajnya Nabi Muhammad dan para shahabatnya, dan perselisihan antara kita (salafiyyin) dengan Ihyaut Turats adalah perselisihan aqidah! Dulu banyak orang mengingkari pernyataan ini, namun kini mereka mau menerima pernyataan tersebut, bahkan juga turut menyatakannya. Dulu mereka mengatakan, “ini tergesa-gesa”, namun sekarang mereka juga turut menyatakannya. Demikian juga dengan masalah-masalah lainnya, baik sikap keterlaluan terhadap penguasa, dan banyak masalah lainnya. Maka kita (salafiyyin) bergembira dengan itu semua (penerimaan umat terhadap dakwah salafiyyah). Kita memohon kepada Allah taufiq untuk mereka. Jika mereka di atas sunnah. Al-Haq, bagi seorang sunni (ahlussunnah), jika diucapkan oleh siapapun maka dia bergembira dengannya, karena dia menginginkan negeri akhirat. Adapun orang yang menginginkan sesuatu untuk dirinya, maka kebinasaan baginya. Kita memohon kepada Allah hidayah untuknya.
Maka permasalahan ini (manhaj), merupakan masalah aqidah dan agama. Ini adalah masalah taqarrub kepada Allah. Taruhannya adalah jannah atau neraka wahai saudaraku!! Masalah ini bukan urusan dunia. Berapa lama lagi kita tinggal di dunia, 20 atau 40 tahun lagi, setelah itu selesai kita bertolak dari dunia ini, sebagaimana ayah-ayah dan kakek-kakek kita yang telah meninggalkan dunia ini.
“Jangan (berbuat demikian). Apabila bumi digoncangkan berturut-turut, dan datanglah Rabbmu; sedang malaikat berbaris-baris. Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam; dan pada hari itu ingatlah manusia, akan tetapi tidak berguna lagi mengingat itu baginya.”
Di sinilah, pada hari itu apakah kamu berada di atas furqan yang jelas? Apakah kamu berada di as-salafiyyah yang bersih dan murni serta jelas, tidak tercampur dengan kesamaran dan ambisi-ambisi? Jalan yang sangat jelas. Maka jalan yang jelas ini merupakan beban yang sangat berat. Dan hal ini telah diucapkan oleh Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
أَلَا إِنَّ سِلْعَةَ اللَّهِ غَالِيَة
“Ketahuilah bahwa barang dagangan Allah itu mahal.”(at-Tirmidzi 2450, shahih)
As-Salafiyyah itu mahal. Kokoh terus di atas jalan ini sampai mati merupakan beban yang sangat berat. Engkau bebas memilih. Apakah kamu ingin bersama mereka para keluarga dekat kelompok-kelompok/partai-partai politik “islamiyyah”, sebagaimana nama tersebut disematkan oleh asy-Syaikh al-Fadhil Ahmad as-Sabi’ihafizhahullah? Tampilan luarnya salafiyyah, namun pada hakekatnya adalah bithanah (keluarga/temandekat) kelompok-kelompok/partai-partai politik “islamiyyah”. Jika kamu ingin jadi Ikhwanul Muslimin maka silakan, ingin jadi pengikut Ihyaut Turats maka silakan. Namun ingat, “Tidaklah keluar (dari lisannya) satu ucapanpun kecuali di sisinya ada raqib dan ‘atid.” (Qaf : 18) dan ingat pula, “Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semua itu akan dimintai pertanggung jawaban” (!!)(al-Isra’ : 36) “dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. dan Kami keluarkan untuknya pada hari Kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka. “Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadap dirimu sendiri”.(al-Isra’ : 13-14)
Sungguh as-salafiyyah adalah kebanggaan, as-salafiyyah adalah ‘izzah (kemuliaan), meskipun merupakan beban yang sangat berat.“Ketahuilah bahwa barang dagangan Allah itu mahal.” !!
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=139922
download suara klik di sini
بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله محمد صلى الله عليه وعلى آله وصحبه وسلم
السلفية ثقيلة ﴿إِنّا سنلْقِي عليْك قوْلًا ثقِيلًا﴾[ المزّمِّل:5] وليس كل إنسان قادر على حمل الثقل ، الأمر الثفيل مكروه عند الناس ، والحق ثقيل ((حفت الجنة بالمكاره )) [1] .
فالذى يريد أن يجعل الدين سلم للوصول لجاهٍ أو مالٍ أو عرضٍ من الدنيا لن يكون هذا المنهج موافق لطومحاته وغاياته وأمراضه ، فالسلفية نقية من الأمراض ، والسلفية يَلزم منها الفرقان المبين ؛ والفرقان مُكلف ، الكل يعرف الفرقان من هؤلاء ولكن هل يستطيع أن يرفع هذا اللواء أمام الخصوم والأعداء والجماعات ؛ بل والدول ؛ هذا حمل ثقيل يا إخوان ولكن لا سبيل إلا بالصبر والثبات وسؤال الرب جل وعلا الثبات على هذا الطريق ، كم سمعنا من أناس في الأمس يُنكر علينا الرد على (عجيل النشمي) قبل أكثر من عشر سنوات وأكثر ، واليوم أصبح الرد على هذا وأمثاله مادة سائغة ، وفي الأمس يُقبح هذا الفعل من بعض الناس ، كم من هؤلاء ممن كنا نُحذر من (التراث) ([2]) ونقول: أن منهج (عبدالرحمن) ([3]) منهج مخالف لما كان عليه محمد وأصحابه وأن الخلاف بينا وبين (التراث) خلاف عقدي وكان يُنكر علينا هذا القول واليوم أصبحوا يقولون بهذا القول وأصبحوا يردون على (عجيل) اللي كانوا بالأمس يقول: عجيل تتكلم فيه !!
اليوم أصبحوا يتكلمون وقيس على الآن سيأتي بمسائل : الغلو بولاة الأمر ، وشروط طاعة ولى الأمر إلى مسائل عدة .
نحن فرحون بذلك ونسأل الله لهم التوفيق إن كانوا على السنة ، والحق عند السني إن خرج منه أو خرج من غيره فهو فرح لأنه يريد دار الآخرة ، أما من يريد لنفسه الشيء فسحقًا له أو نسأل الله له الهداية .
فالأصل أن هذه المسألة عقدية دينية ، هذه مسألة تقرب إلى الله ؛ جنة أم نار يا إخوان المسألة ما هى دنيا .
باقينا كم في هذه الدنيا عشرين سنة أربعين سنة؟
خلاص ننتهى نطلع من هذه الدنيا كما خرج الأباء والأجداد ﴿كلّا إِذا دكّتِ الْأرْض دكًّا دكًّا (21) وجاء ربّك
والْملك صفًّا صفًّا (22) وجِيء يوْمئِذٍ﴾ بماذا؟ ﴿بِجهنّم ۚ يوْمئِذٍ يتذكّر الْإِنْسان وأنّىٰ له الذِّكْرىٰ﴾ [الفجر:23]
هنا هل كنت على الفرقان المبين ؟
هل كنت على السلفية النقية الصافية الواضحة لا شبه ولا إيرادات وضوح الطريق؟
هذا الطريق مُكلف ، نعرف وقد نطق بذلك محمد صلى الله عليه وسلم ألا إن سلعة الله غالية ، السلفية غالية والبقاء على هذا الطريق إلى الموت أمر مُكلف والخيار لك ، والخيار لك تريد أن تكون من هؤلاء بطانة الجماعات السياسية الإسلامية كما يسمهم
((شيخنا الفاضل أحمد السبيعي حفظه الله))
بطانة الجماعات السياسية ظاهرهم السلفية ولكن هم في حقيقتهم ماذا؟ بطانة للجماعات .
تريد أن تكون إخوان لك ذلك.
تريد أن تكون تراثي لك ذلك.
ولكن ﴿ما يلْفِظ مِنْ قوْلٍ إِلّا لديْهِ رقِيبٌ عتِيدٌ﴾[ ق:18]
﴿ إِنّ السّمْع والْبصر والْفؤاد كلّ أولٰئِك كان عنْه مسْئولًا﴾[ الإسراء:36]
﴿وكلّ إِنْسانٍ ألْزمْناه طائِره فِي عنقِهِ ۖ ونخْرِج له يوْم الْقِيامةِ كِتابًا يلْقاه منْشورًا (13) اقْرأْ كِتابك كفىٰ بِنفْسِك الْيوْم عليْك حسِيبًا﴾[ الإسراء:14]
السلفية فخر ، السلفية عزة وإن كانت ثقيلة ، ألا إن سلعة الله غالية.
وأقول قولي هذا وأستغفر الله لي ولكم.