Beranda Fatwa-Fatwa FATWA SYAIKH BIN BAZ TENTANG MENGHADIAHKAN PAHALA AMALAN KEPADA MAYIT

FATWA SYAIKH BIN BAZ TENTANG MENGHADIAHKAN PAHALA AMALAN KEPADA MAYIT

78
0
BERBAGI

Penerjemah: Al Ustadz Abu Utsman Kharisman

Pertanyaan:

Apakah amalan (orang yang masih hidup, pent) sampai kepada orang yang sudah meninggal?

Jawaban Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah:

Yang sampai kepada mereka adalah amalan-amalan yang memiliki dalil syarโ€™i akan sampainya hal itu. Berdasarkan sabda Nabi shollallahu alaihi wasallam (yang artinya): Jika anak Adam meninggal dunia, terputus amalannya kecuali 3 hal, yaitu shadaqah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakannya (H.R Muslim dalam Shahihnya).

Demikian juga hadits-hadits lain yang berkenaan dengan hal itu. Di antara (amalan yang bisa sampai kepada mayit) adalah shodaqoh, haji, umrah, dan ilmu peninggalan mayit yang disebarkan. Adapun menghadiahkan (pahala) sholat, baca Quran, thawaf, atau puasa sunnah untuk mayit, saya tidak mengetahui landasan dalilnya. Yang disyariatkan justru meninggalkannya (tidak dihadiahkan pada mayit, pent). Berdasarkan sabda Nabi shollallahu alaihi wasallam (yang artinya): Barangsiapa yag mengamalkan suatu amalan yang tidak ada perintah kami padanya, maka tertolak (H.R Muslim dalam Shahihnya)
(Majmuโ€™ Fataawa wa Maqolaat Mutanawwiโ€™ah (13/249))

๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฆLafadz Asli dalam Bahasa Arab:

ุณ: ู‡ู„ ุชุตู„ ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ูˆุชู‰ุŸ
ุงู„ุฌูˆุงุจ : ูŠุตู„ ุฅู„ูŠู‡ู… ู…ุง ุฏู„ ุงู„ุดุฑุน ุนู„ู‰ ูˆุตูˆู„ู‡ ุฅู„ูŠู‡ู…. ู„ู‚ูˆู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ุฅุฐุง ู…ุงุช ุงุจู† ุฃุฏู… ุงู†ู‚ุทุน ุนู…ู„ู‡ ุฅู„ุง ู…ู† ุซู„ุงุซ: ุตุฏู‚ุฉ ุฌุงุฑูŠุฉ ุฃูˆ ุนู„ู… ูŠู†ุชูุน ุจู‡ ุฃูˆ ูˆู„ุฏ ุตุงู„ุญ ูŠุฏุนูˆ ู„ู‡. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… ููŠ ุตุญูŠุญู‡ ูˆู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุฃุฎุฑู‰ ูˆุฑุฏุช ููŠ ุฐู„ูƒ. ูˆู…ู† ุฐู„ูƒ: ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ูˆุงู„ุญุฌ ูˆุงู„ุนู…ุฑุฉ ูˆู…ุง ุฎู„ูู‡ ุงู„ู…ูŠุช ู…ู† ู†ุดุฑ ุงู„ุนู„ู…. ุฃู…ุง ุฅู‡ุฏุงุก ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ูˆุชู‰ ุฃูˆ ุงู„ุทูˆุงู ุฃูˆ ุตูŠุงู… ุงู„ุชุทูˆุน ูู„ุง ุฃุนู„ู… ู„ุฐู„ูƒ ุฃุตู„ุง ูˆุงู„ู…ุดุฑูˆุน ุชุฑูƒู‡ ู„ู‚ูˆู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ู…ู† ุนู…ู„ ุนู…ู„ุง ู„ูŠุณ ุนู„ูŠู‡ ุฃู…ุฑู†ุง ูู‡ูˆ ุฑุฏ (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… ููŠ ุตุญูŠุญู‡ ) ู…ุฌู…ูˆุน ูุชุงูˆู‰ ูˆู…ู‚ุงู„ุงุช ู…ุชู†ูˆุนุฉ 13\249