Beranda Aqidah KAJIAN KITABUT TAUHID (Bag ke-10)

KAJIAN KITABUT TAUHID (Bag ke-10)

49
0
BERBAGI

Ditulis Oleh Al Ustadz Abu Utsman Kharisman

BAB KEDUA: KEUTAMAAN-KEUTAMAAN TAUHID, YANG SALAH SATUNYA SEBAGAI PENGHAPUS DOSA

✅Dalil Keempat:

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلَا أُبَالِي يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

Allah Tabaaroka Wa Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, selama engkau berdoa kepadaKu dan berharap kepadaKu, Aku ampuni engkau apapun yang ada padamu, Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, jika dosa-dosamu mencapai langit kemudian engkau memohon ampunan kepadaKu, Aku ampuni engkau dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam sesungguhnya jika engkau mendatangi aku dengan sepenuh bumi dosa, kemudian engkau mendatangi aku tidak mensekutukan Aku dengan suatu apapun, niscaya Aku akan mendatangimu dengan sepenuhnya ampunan (H.R atTirmidzi dari Anas bin Malik)

Beberapa faidah yang terkandung dalam hadits ini:

  1. Berdoa dengan diiringi perasaan berharap kepada Allah bisa mendatangkan ampunan Allah.
  2. Luasnya rahmat dan ampunan Allah.
  3. Pemberian Allah dan ampunanNya kepada kita tidaklah mengurangi sedikitpun dari kekuasaan Allah, karena itu disebutkan dalam hadits tersebut: walaa ubaalii (Aku tidak peduli).
  4. Seseorang yang banyak dosa jangan putus asa dari rahmat Allah, dan jangan merasa enggan untuk berdoa kepada Allah. Justru dengan kita berdoa dan berharap kepadaNya menyebabkan kita mendapatkan ampunan Allah.
  5. Tauhid adalah faktor utama dan terbesar diampuninya seorang hamba dari dosa-dosanya.