Beranda Aqidah SEBAGIAN KEUTAMAAN AYAT AL-KURSIY

SEBAGIAN KEUTAMAAN AYAT AL-KURSIY

101
0
BERBAGI

Ditulis oleh Al Ustadz Abu Utsman Kharisman

Ayat al-Kursiy adalah salah satu ayat dalam Surat al-Baqoroh. Tepatnya di ayat ke-255. Ayat tersebut adalah ayat yang paling agung dalam al-Quran, sebagaimana yang disabdakan Nabi shollallahu alaihi wasallam kepada Ubay bin Ka’ab dalam hadits riwayat Muslim.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan ayat al-Kursiy:

Pertama: Barangsiapa yang membiasakan membacanya setiap selesai sholat 5 waktu, itu akan menghantarkannya menuju Jannah (Surga)

Dari Abu Umamah –radhiyallahu anhu- beliau berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang membaca ayat Kursi selesai sholat wajib, tidaklah menghalanginya dari masuk surga kecuali kematian (H.R anNasaai, dishahihkan Ibnu Hibban dan al-Albany)

Kedua : Barangsiapa yang membacanya di waktu pagi, dirinya akan terlindungi dari Syaithan hingga sore hari. Jika dibaca di sore hari, akan terlindungi dari Syaithan hingga pagi hari.

Dari Muhammad bin Ubay bin Ka’ab dari ayahnya bahwasanya ia memiliki semangkuk kurma yang berkurang jumlahnya. Maka suatu malam ia menjaganya. Ternyata ada binatang yang sebesar anak remaja baru baligh. Maka ia mengucapkan salam, dan makhluk itu menjawab salamnya. Kemudian Ubay bin Ka’ab bertanya: Apakah engkau ini? Manusia atau Jin? Ia mengatakan: Aku adalah Jin. Ubay berkata: Ulurkan tanganmu. Iapun mengulurkan tangannya. Ternyata tangannya adalah tangan anjing dan bulunya bulu anjing. Ia berkata: Demikianlah perawakan Jin. Para Jin telah mengetahui bahwa tidak ada seorangpun yang lebih kuat dari saya. Ubay bertanya: Apa yang menyebabkan engkau ke sini? Ia berkata: Telah sampai kepada kami bahwa engkau suka bershodaqoh. Maka kami datang untuk mengambil sebagian makananmu. Ubay bertanya: Apa yang bisa menyelamatkan kami dari kalian? Ia mengatakan: Ayat dalam surat al-Baqoroh: Allaahu Laa Ilaaha Illaa huwal Hayyul Qoyyum (ayat kursi), barangsiapa yang membacanya ketika sore, akan dilindungi dari kami hingga pagi. Barangsiapa yang membacanya ketika pagi, akan dilindungi dari kami hingga sore. Pagi harinya Ubay bin Ka’ab menceritakan kejadian itu kepada Rasulullah shollallahu alaihi wasallam dan beliau bersabda: telah benar ucapan al-Khobits (Jin syaithan)(H.R anNasaai dan atThobarony, dinyatakan sanadnya jayyid (baik) oleh al-Mundziri dan dishahihkan al-Albany)

Ketiga: Barangsiapa yang membacanya sebelum tidur di waktu malam, ia akan terlindungi dari Syaithan hingga pagi hari. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh al-Bukhari.