Keimanan terhadap penetapan adanya Tangan bagi Allah merupakan keyakinan Ahlus Sunnah wal jama’ah, sebagaimana telah kami jelaskan pada edisi lalu. Keyakinan ini makin jelas dan tegas karena Al-Qur’an dan as-Sunnah telah menyebutkan adanya sifat Tangan bagi Allah secara terperinci dan disebutkan dengan kanan.
Kedua Tangan Allah itu kanan
Allah ÓÈÍÇäå æÊÚÇáì berfirman:
æóãóÇ ÞóÏóÑõæÇ Çááøóåó ÍóÞøó ÞóÏúÑöåö æóÇáúÃóÑúÖõ ÌóãöíÚðÇ ÞóÈúÖóÊõåõ íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö æóÇáÓøóãÇæóÇÊõ ãóØúæöíøóÇÊñ Èöíóãöíäöåö ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì ÚóãøóÇ íõÔúÑößõæäó. ]ÇáÒãÑ: 67[
Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Rabb dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan. (az-Zumar: 67)
Demikian pula dalam firmanNya:
æóáóæú ÊóÞóæøóáó ÚóáóíúäóÇ ÈóÚúÖó ÇúáÃóÞóÇæöíá ö]44[ óáÃóÎóÐúäóÇ ãöäúåõ ÈöÇáúíóãöíäö ]45[ Ëõãøó áóÞóØóÚúäóÇ ãöäúåõ ÇáúæóÊöíäó. ]ÇáÍÇÞÉ: 44-46[
Seandainya dia (Muhammad) mengadakan sebagian perkataan atas (nama) Kami, niscaya benar-benar Kami pegang dia dengan tangan kanan. Kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya. (al-Haaqqah: 44-46)
Pada kedua ayat di atas Allah ÓÈÍÇäå æÊÚÇáì menyebutkan tangan dengan tangan kanan. Pada surat Az-Zumar Allah berfirman : “Dan langit digulung dengan Tangan Kanan-Nya”. Sedangkan dalam surat al-Haqqah dikatakan: “Aku ambil dengan dengan tangan kanan”.
Dalam tafsir ayat az-Zumar ayat 67 ini, disebutkan hadits yang shahih dari Abu Hurairah ÑÖí Çááå Úäå bahwa Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã bersabda:
íóÞúÈöÖõ Çááøóåõ ÊóÈóÇÑóßó æóÊóÚóÇáóì ÇúáÃóÑúÖó íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö æóíóØúæöí ÇáÓøóãóÇÁó Èöíóãöíäöåö Ëõãøó íóÞõæáõ ÃóäóÇ Çáúãóáößõ Ãóíúäó ãõáõæßõ ÇúáÃóÑúÖö. (ãÊÝÞ Úáíå)
Allah Tabaraka wa ta’ala menggenggam bumi pada hari kiamat dan melipat langit dengan tangan kanannya, kemudian berkata “Aku adalah Raja, mana raja-raja dunia? (HR. Bukhari-Muslim).
Diriwayatkan pula dari Abdullah bin Umar ÑÖí Çááå Úäå bahwa Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã bersabda:
íóØúæöí Çááøóåõ ÚóÒøó æóÌóáøó ÇáÓøóãóÇæóÇÊö íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö Ëõãøó íóÃúÎõÐõåõäøó ÈöíóÏöåö Çáúíõãúäóì Ëõãøó íóÞõæáõ ÃóäóÇ Çáúãóáößõ Ãóíúäó ÇáúÌóÈøóÇÑõæäó Ãóíúäó ÇáúãõÊóßóÈøöÑõæäó¿ Ëõãøó íóØúæöí ÇúáÃóÑóÖöíäó ÈöíóÏöåö ÇúáÃõÎúÑóì Ëõãøó íóÞõæáõ ÃóäóÇ Çáúãóáößõ Ãóíúäó ÇáúÌóÈøóÇÑõæäó Ãóíúäó ÇáúãõÊóßóÈøöÑõæäó. (ãÊÝÞ Úáíå)
Allah Azza wa Jalla menggulung langit pada hari kiamat dan menggenggam-nya dengan tangan kanan-Nya seraya berkata: “Aku adalah Raja, mana orang-orang yang sombong?” Kemudian menggulung bumi-bumi dan menggenggamnya dengan tangannya yang lain seraya berkata: “Aku adalah Raja, mana raja-raja dunia, mana orang-orang yang sombong?” (HR. Bukhari Muslim)
Perlu diketahui, dalam hadits yang kedua ini disebutkan “tangan yang lain”, ini yang lebih shahih, sedangkan dalam lafadh lainnya disebutkan “dengan tangan kirinya”. Berkata Baihaqi dalam Asma’ wa Sifat: “Demikianlah diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Bakar ibnu Abi Syaibah, sedangkan sebutan “tangan kiri” disebutkan secara menyendiri oleh Umar Ibnu Hamzah dari Salim. Padahal telah diriwayatkan hadits yang sama oleh Nafi’ dan Ubaidullah Ibnu Muqsim dari Ibnu Umar, keduanya tidak menyebutkan kalimat “kiri”. Demikian pula telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah dan lain-lainnya dari Nabi Õáì Çááå Úáíå æÓáã, semuanya tidak ada yang menyebutkan “tangan kiri”. (Lihat Asma’ wa Sifat, Baihaqi, hal. 139-140)
Apalagi telah diriwayatkan dengan shahih bahwa kedua tangan Allah adalah kanan, sebagaimana dalam sabdanya:
Åöäøó ÇáúãõÞúÓöØöíúäó ÚöäúÏó Çááåö Úóáóì ãóäóÇÈöÑò ãöäú äõæúÑò Úóäú íóãöíúäö ÇáÑøóÍúãóäö ÚóÒøó æóÌóáøó æóßöáúÊóÇ íóÏóíúåö íóãöíúäñ….. (ÑæÇå ãÓáã)
Sesungguhnya orang-orang yang berbuat adil di sisi Allah (mereka berada) di atas mimbar dari cahaya dari sisi kanan Allah Azza wa Jalla. Dan Kedua Tangan Allah adalah Kanan … (HR. Muslim)
Yang demikian karena tangan Allah keduanya Maha Sempurna, tidak sama dengan tangan mahlukNya. Sedangkan istilah kiri mengandung makna kekurangan dan kelemahan pada mahluk, maka tidak layak disebutkan untuk tangan Allah yang Maha Sempurna.
Jari-jemari Allah
Diriwayatkan dari ‘Amr bin Ash, bahwasanya Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã bersabda:
Åöäøó ÞõáõæúÈó Èóäöì ÂÏóãó ßõáøõðåóÇ Èóíúäó ÅòÕúÈóÚóíúäö ãöäú ÃóÕóÇÈöÚö ÇáÑøóÍúãóäö ßóÞóáúÈò æóÇÍöÏò íõÕóÑøöÝõåõ ÍóíúËõ íóÔóÂÁõ..
Sesungguhnya hati Bani Adam seluruhnya berada di antara dua jari dari jari ar-Rahman (Allah) seperti hati yang satu. Allah memalingkannya sekehendaknya. (HR. Muslim)
Dalam riwayat lain Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã membenarkan perkataan seorang Rahib Yahudi ketika menyebutkan jari-jemari bagi Allah, seperti dalam riwayat dari Abdullah bin Mas’ud ÑÖí Çááå Úäå, ia berkata:
ÌóÇÁó ÍóÈúÑñ Åöáóì ÇáäøóÈöíøö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÝóÞóÇáó íóÇ ãõÍóãøóÏõ Ãóæú íóÇ ÃóÈóÇ ÇáúÞóÇÓöãö Åöäøó Çááøóåó ÊóÚóÇáóì íõãúÓößõ ÇáÓøóãóÇæóÇÊö íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö Úóáóì ÅöÕúÈóÚò æóÇúáÃóÑóÖöíäó Úóáóì ÅöÕúÈóÚò æóÇáúÌöÈóÇáó æóÇáÔøóÌóÑó Úóáóì ÅöÕúÈóÚò æóÇáúãóÇÁó æóÇáËøóÑóì Úóáóì ÅöÕúÈóÚò æóÓóÇÆöÑó ÇáúÎóáúÞö Úóáóì ÅöÕúÈóÚò Ëõãøó íóåõÒøõåõäøó ÝóíóÞõæáõ ÃóäóÇ Çáúãóáößõ ÃóäóÇ Çáúãóáößõ ÝóÖóÍößó ÑóÓõæáõ Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÊóÚóÌøõÈðÇ ãöãøóÇ ÞóÇáó ÇáúÍóÈúÑõ ÊóÕúÏöíÞðÇ áóåõ Ëõãøó ÞóÑóÃó ))æóãóÇ ÞóÏóÑõæÇ Çááøóåó ÍóÞøó ÞóÏúÑöåö æóÇúáÃóÑúÖõ ÌóãöíÚðÇ ÞóÈúÖóÊõåõ íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö æóÇáÓøóãóÇæóÇÊõ ãóØúæöíøóÇÊñ Èöíóãöíäöåö ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì ÚóãøóÇ íõÔúÑößõæäó(((ãÊÝÞ Úáíå)
Seorang pendeta datang berjumpa Nabi Õáì Çááå Úáíå æÓáã lalu berkata: Wahai Muhammad atau Wahai Abu al-Qasim! Pada Hari Kiamat Allah ÓÈÍÇäå æÊÚÇáì memegang langit, bumi, gunung-gunung, pohon-pohon, air, tanah dan semua makhluk dengan jari-jemariNya. Kemudian Dia menggoyangkannya sambil berfirman: “Akulah Raja, Akulah Raja”. Lalu Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã tertawa karena kagum mendengar kata-kata pendeta tersebut sambil membenarkannya. Kemudian beliau membaca ayat :
((æó ãóÇ ÞóÏóÑõæÇ Çááøóåó ÍóÞøó ÞóÏúÑöåö æóÇúáÃóÑúÖõ ÌóãöíÚðÇ ÞóÈúÖóÊõåõ íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö æóÇáÓøóãóÇæóÇÊõ ãóØúæöíøóÇÊñ Èöíóãöíúäöåö ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì ÚóãøóÇ íõÔúÑößõæäó)).
Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Rabb dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan. (HR. Bukhari Muslim)
Dan dalam riwayat lain:
ÌóÇÁó ÍóÈóÑñ ãöäó ÇáúíóåõæúÏö ÝóÞóÇáó: íóÖóÚõ ÇáÓøóãóæóÇÊö íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö Úóáóì ÅöÕúÈóÚò æóÞóÇáó ÊóÚóÌøõÈðÇ áóåõ ÊóÕúÏöíúÞðÇ áóåõ. (ÑæÇå ÇáÈÎÇÑí æãÓáã)
Datang seorang rahib dari Yahudi dan berkata: “Allah meletakkan langit-langit di jari-Nya pada hari kiamat”, maka Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã pun terkagum-kagum membenarkan berita tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim)
Telapak tangan Allah
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã bersabda:
ãóÇ ÊóÕóÏøóÞó ÃóÍóÏñ ÈöÕóÏóÞóÉò ãöäú ØóíøöÈò -æóáÇó íóÞúÈóáõ Çááåõ ÅöáÇøó ÇáØøóíøöÈó- ÅöáÇøó ÃóÎóÐóåóÇ ÇáÑøóÍúãóäõ Èöíóãöíúäöåö æóÅöäú ßóÇäóÊú ÊóãúÑóÉð ÝóÊóÑöÈõæú Ýöíú ßóÝøö ÇáÑøóÍúãóäö ÍóÊøóì Êóßõæúäó ÃóÚúÙóãñ ãöäó ÇáúÌóÈóáö ßóãóÇ íõÑóÈøöíøõ ÃóÍóÏõßõãú Ýóáúæóåõ Ãóæú ÝóÕöíúáóåõ. (ÑæÇå ãÓáã)
Tidaklah seseorang bershadaqah dengan shadaqah yang baik –dan Allah tidak menerima kecuali yang baik—kecuali Allah yang Maha Rahman akan mengambilnya dengan Tangan kanan-Nya, walaupun sebuah kurma, Allah akan membesarkannya di Telapak Tangan Allah yang Maha Rahman hingga menjadi lebih besar dari gunungæ sebagaimana salah seorang kalian membesarkan anak kambing atau anak unta. (HR. Bukhari dan Muslim)
Lengan Allah
Didalam riwayat yang agak panjang, Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã bersabda:
åóáú ÊóäúÊóÌõ ÇöÈöáõ Þóæúãößó ÕöÍóÇÍðÇ ÂÐóÇäõåóÇ ÝóÊóÚóãøóÏó Åöáóì ÈóÚúÖöåóÇ ÝóÊóÞóØøóÚó ÂÐóÇäóåóÇ æóÊóÞõæúáõ åöíó ÈöÍõÑøò æóÊóÔõÞøóåóÇ Ãóæú ÊóÔõÞøó ÌõáõæúÏóåóÇ æóÊóÞõæúáõ åöíö ÍóÑóÇãñ ÝóÊóÍúÑöãõåóÇ Úóáóíúßó æóÚóáóì Ãóåúáößó¿ ÞóÇáó: äóÚóã. ÞóÇáó: Ýóßõáøõ ãóÇ ÂÊóÇßó Çááåõ Íöáøñ æóÓóÇÚöÏõ Çááåö ÃóÔóÏøõ ãöäú ÓóÇÚöÏößó æóãõæúÓóì Çááåö ÃóÍóÏñ ãöäú ãõæúÓóÇßó. (ÑæÇå ÃÍãÏ æÇáÍÇßã æÃÈæ ÏÇæÏ æÇáØÈÑÇäí æÇáÈíåÞí æÇáÊÑãÐí æÞÇá: ÍÏíË ÍÓä)
Apakah unta-unta kaummu yang lahir dalam keadaan sehat dan utuh telinga-telinganya kemudian kamu dengan sengaja mengambil pisau dan memotong telinga-telinganya dan kamu katakan unta-unta ini merdeka?!. Dan kamu robek telinga-telinganya atau kamu cacati kulit-kulitnya, kemudian kamu katakan unta-unta ini haram? Kemudian kamu haramkan untuk dirimu dan keluargamu?! Dia menjawab: “Ya”. Maka Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã bersabda: “Sungguh seluruh apa yang diberikan Allah kepadamu (dari binatang ternak itu) adalah halal. Ingat Lengan Allah lebih kuat dari lenganmu dan Pisau Allah lebih tajam dari pisaumu.” (HR. Ahmad, Hakim, Abu Dawud, Baihaqi, Thabrani dan Tirmidzi. Tirmidzi berkata: “Hadits Hasan Shahih). Lihat Tahqiq Kitab Asma’ wa Sifat oleh Al-Baihaqi, hal. 170).
Sikap Ahlus Sunnah Terhadap Riwayat-riwayat diatas
Berkata Sufyan Ibnu Uyainah:
ßõáøõ ãóÇ æóÕóÝó Çááåõ Èöåö äóÝúÓõåõ Ýöí ßöÊóÇÈöåö ÝóóÊóÝúÓöíúÑõåõ ÊöáÇóæóÊõåõ æóÇáÓøõßõæúÊõ Úóäúåõ.
Setiap apa yang Allah sifati diri-Nya dalam kitab-Nya maka tafsirnya adalah membacanya dan diam. (Aqidatus Salaf Ashhabul Hadits, hal. 248)
Berkata Ibnu Syihab Az-Zuhri:
Úóáóì Çááåö ÇáúÈóíóÇäõ æóÚóáóì ÇáÑøóÓõæúáö ÇáúÈóáÇóÛõ æóÚóáóíúäóÇ ÇáÊøóÓúáöíúãõ.
Allah yang menerangkan, rasul yang menyampaikan dan atas kita untuk menerima. (Aqidatus Salaf Ashhabul Hadits, hal. 249)
Berkata Wahb bin Munabbih ketika ditanya oleh seorang tokoh sesat Ja’d bin Dirham tentang asma’ wa sifat:
æóíúáóßó íóÇ ÌóÚúÏõ ÈóÚúÖõ ÇáúãóÓúÃóáóÉö Åöäøöí óáÃóÙõäøðßó ãöäó ÇáúåóÇáößöíúäó. íóÇ ÌóÚúÏõ áõæú áóãú íõÎúÈöÑúäóÇ Çááåõ Ýöí ßöÊóÇÈöåö Ãóäøó áóåõ íóÏøðÇ æóÚóíúäðÇ æóæóÌúåðÇ áãóóÇ ÞõáúäóÇ Ðóáößó ÝóÇÊøóÞö Çááåó.
Celaka engkau wahai Ja’d karena permasalahan ini. Sungguh aku menduga engkau akan binasa. Wahai Ja’d, kalau saja Allah tidak mengkabarkan dalam kitab-Nya bahwa dia memiliki tangan, mata atau wajah, tentu kamipun tidak akan mengatakannya.Bertakwalah engkau kepada Allah!” (Aqidatus Salaf Ashhabul Hadits, hal. 190)
Berkata al-Walid ibnu Muslim: “Aku telah bertanya kepada AlAuza’I, Sufyan Ats-tsauri, Malik bin Anas tentang hadits-hadits sifat dan ru’yah (tentang dilihatnya Allah pada hari kiamat), mereka semua menjawab:
ÃóãóÑøõæúåóÇ ßóãóÇ ÌóÇÁóÊú ÈöáÇó ßóíúÝò.
Langsungkanlah, sebagaimana adanya tanpa mempertanyakan seperti apa”. (Aqidatus Salaf Ashhabul Hadits, hal. 249)
Berkata Imam Malik bin Anas: “Berhati-hatilah kalian terhadap kebid’ahan.” Beliau ditanya: “Apakah bid’ah itu”. Beliau menjawab: “Ahlul bid’ah adalah mereka yang membicarakan tentang nama-nama Allah, sifat-sifat-Nya, kalam Allah, Ilmu Allah dan kekuasan-Nya tanpa ilmu. Mereka tidak mau diam sebagaimana diamnya para shahabat dan tabi’in terhadap masalah tersebut”. (Aqidatus Salaf Ashhabul Hadits, hal. 244)
Berkata Imam Al-Barbahari: “Tidak boleh berbicara tentang Allah kecuali dengan apa Allah sifatkan diriNya dengannya dalam al-Qur’an dan apa yang diterangkan oleh Rasulullah Õáì Çááå Úáíå æÓáã kepada para shahabatnya”.
Ia juga berkata: “Tidak berbicara tentang sifat-sifat Rabb dengan pertanyaan: “Bagaimana?” atau “mengapa?”, kecuali orang yang ragu terhadap Allah tabaraka wa ta’ala”. (Syarhus Sunnah, hal. 70)
(Dikutip dari Bulletin Dakwah Manhaj Salaf Edisi: 44/Th. II 19 Dzulqo’dah 1425 H/31 Desember 2004 M, penulis Al Ustadz Muhammad Umar As Sewed, judul asli “Kedua Tangan Allah Kanan”. Risalah Dakwah MANHAJ SALAF, Insya Allah terbit setiap hari Jum’at. Infaq Rp. 100,-/exp. Pesanan min. 50 exp di bayar di muka. Diterbitkan oleh Yayasan Dhiya’us Sunnah, Jl. Dukuh Semar Gg. Putat RT 06 RW 03, Cirebon. telp. (0231) 222185. Penanggung Jawab: Ustadz Muhammad Umar As-Sewed; Redaksi: Muhammad Sholehuddin, Dedi Supriyadi, Eri Ziyad; Sekretaris: Ahmad Fauzan; Sirkulasi: Arief Subekti, Agus Rudiyanto, Zaenal Arifin; Keuangan: Kusnendi. Pemesanan hubungi: Arif Subekti telp. (0231) 481215.)