Beranda Fatwa-Fatwa HUKUM MEMBAKAR AL-QUR’AN KARENA LUPA ATAU SENGAJA

HUKUM MEMBAKAR AL-QUR’AN KARENA LUPA ATAU SENGAJA

791
0
BERBAGI

Mufti: Fadhilatul Imam al-‘Allamah Abdul Aziz bin Baz rahimahullah

Pertanyaan:

“Surat ini datang dari Fathullah Jarjis dari Niniwa, Iraq. Dia berkata pada suratnya tersebut:
Apakah balasan terhadap orang yang membakar al-Qur’anul Karim karena lupa dan dia tidak mengetahuinya kecuali setelah perbuatannya berlalu sekian lama?”

๐Ÿ“Œ Jawaban:

” Dia tidak berdosa selama dia melakukannya karena lupa, atau dia sengaja membakarnya karena (al-Qur’an tersebut) tercecer, tidak dipakai lagi, lalu dia membakarnya agar tidak dihinakan, maka tidak mengapa. Karena al-Qur’an itu apabila telah sobek, terkoyak, dan tidak dimanfaatkan lagi, maka hendaklah dibakar atau dikubur di tempat yang baik sehingga tidak dihinakan. Jika dia membakarnya karena lupa, dia tidak tahu bahwa itu adalah mushhaf al-Qur’an, maka dia tidak berdosa dalam masalah itu. Atau dia membakarnya dengan sengaja karena telah sobek, tidak bisa dibaca, hendaklah dia membakarnya agar tidak dihinakan, maka ini tidak mengapa.

๐Ÿ‘Ž๐Ÿป Adapun apabila dia membakarnya karena ingin menghina, benci, atau marah padanya (al-Qur’an) maka ini adalah kemurtadan dari Islam, kita berlindung kepada Allah. Orang yang membakarnya karena benci dan marah pada al-Qur’an, ini adalah kemungkaran yang besar dan (salah satu bentuk) kemurtadan dari Islam. Demikian pula apabila dia mendudukinya atau dia menginjaknya dengan kakinya sebagai bentuk perendahan atau melumurinya dengan benda-benda najis, semua inilah adalah kemurtadan, kita berlindung kepada Allah (dari perbuatan tersebut). Maka apabila dijumpai pada seorang muslim bentuk penghinaan terhadap al-Qur’an dengan terang-terangan, seperti seseorang menginjaknya dengan kakinya atau duduk di atasnya atau menodainya dengan benda najis atau dia mencacinya dan mencaci orang yang berbicara dengan al-Qur’an atau perbuatan lain yang sejenis, maka ini adalah kemurtadan dari Islam, kita berlindung kepada Allah…. Dan ini adalah kufur akbar (kafir yang mengeluarkan dari Islam). Kita memohon keselamatan kepada Allah. Na’am.”

๐ŸŽ™ Pembawa acara:
“Barakallahu fiykum.”

๐Ÿ‹ Thuwailibul ‘Ilmisy Syar’i (TwIS)

๐Ÿ–Š Abu Abdillah Rahmat

๐Ÿ”Ž Muraja’ah: al-Ustadz Kharisman hafizhahullah

๐Ÿ—“ 16 Shafar 1440 H
25 Oktober 2018

๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฆ Arabic

ุญูƒู… ุฅุญุฑุงู‚ ุงู„ู‚ุฑุขู† ุณู‡ูˆุงู‹ ูˆุนู…ุฏุงู‹

ุงู„ุณุคุงู„: ูˆู‡ุฐู‡ ุฑุณุงู„ุฉ ูˆุฑุฏุชู†ุง ู…ู† ูุชุญ ุงู„ู„ู‡ ุฌุฑุฌูŠุณ ู…ู† ุงู„ุนุฑุงู‚ ู†ูŠู†ูˆู‰ ูŠู‚ูˆู„ ููŠ ุฑุณุงู„ุชู‡: ู…ุง ุฌุฒุงุก ู…ู† ู‚ุงู… ุจุญุฑู‚ ุงู„ู‚ุฑุขู† ุงู„ูƒุฑูŠู… ุณู‡ูˆุงู‹ ูˆู„ู… ูŠุนุฑู ุฅู„ุง ุจุนุฏ ู…ุง ู…ุถู‰ ู‡ุฐุง ุงู„ูุนู„ุŸ

play

-01:27

max volume

ุงู„ุฌูˆุงุจ: ู„ูŠุณ ุนู„ูŠู‡ ุดูŠุก ู…ุง ุฏุงู… ุณู‡ูˆุงู‹ ุฃูˆ ุญุฑู‚ู‡ ุนู…ุฏุงู‹ุ› ู„ุฃู†ู‡ ู…ุชู‚ุทุน ู„ุง ูŠู†ุชูุน ุจู‡ ุญุฑู‚ู‡ ู„ุฆู„ุง ูŠู…ุชู‡ู† ูู„ุง ุจุฃุณ ุนู„ูŠู‡ุ› ู„ุฃู† ุงู„ู‚ุฑุขู† ุฅุฐุง ุชู‚ุทุน ูˆุชู…ุฒู‚ ูˆู„ู… ูŠู†ุชูุน ุจู‡ ูŠุญุฑู‚ ุฃูˆ ูŠุฏูู† ููŠ ู…ุญู„ ุทูŠุจ ุญุชู‰ ู„ุง ูŠู…ุชู‡ู†ุŒ ูุฅุฐุง ูƒุงู† ุญุฑู‚ู‡ ุณู‡ูˆุงู‹ ู…ุง ุฏุฑู‰ ุฃู†ู‡ ู‚ุฑุขู† ูู„ุง ุญุฑุฌ ุนู„ูŠู‡ ููŠ ุฐู„ูƒ ุฃูˆ ุญุฑู‚ู‡ ุนู…ุฏุงู‹ ู„ุฃู†ู‡ ู…ุชู‚ุทุน ู…ุง ูŠุตู„ุญ ู„ู„ู‚ุฑุงุกุฉ ููŠู‡ ูุญุฑู‚ู‡ ุญุชู‰ ู„ุง ูŠู…ุชู‡ู† ูู„ุง ุจุฃุณ ุจุฐู„ูƒุŒ ุฃู…ุง ุฅุฐุง ุญุฑู‚ู‡ ุณุงุจุงู‹ ู„ู‡ ูƒุงุฑู‡ุงู‹ ู„ู‡ ู…ุจุบุถุงู‹ ู„ู‡ ู‡ุฐู‡ ุฑุฏุฉ ุนู† ุงู„ุฅุณู„ุงู… ู†ุนูˆุฐ ุจุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฐูŠ ูŠุญุฑู‚ู‡ ูƒุฑุงู‡ุฉู‹ ู„ู‡ ูˆุจุบุถุงู‹ ู„ู‡ ู‡ุฐุง ู…ู†ูƒุฑ ุนุธูŠู… ูˆุฑุฏุฉ ุนู† ุงู„ุฅุณู„ุงู…ุŒ ูˆู‡ูƒุฐุง ู„ูˆ ู‚ุนุฏ ุนู„ูŠู‡ ุฃูˆ ูˆุทุฃ ุนู„ูŠู‡ ุจุฑุฌู„ู‡ ุงุณุชู‡ุงู†ุฉู‹ ู„ู‡ ุฃูˆ ู„ุทุฎู‡ ุจุงู„ู†ุฌุงุณุฉ ูƒู„ ู‡ุฐุง ุฑุฏุฉ ุนู† ุงู„ุฅุณู„ุงู… ู†ุนูˆุฐ ุจุงู„ู„ู‡ุŒ ูุฅุฐุง ูˆุฌุฏ ู…ู† ุงู„ู…ุณู„ู… ุงุณุชู‡ุงู†ุฉ ู„ู„ู‚ุฑุขู† ุตุฑูŠุญุฉ ูˆุงุถุญุฉ ูƒุฃู† ูŠุทุฃู‡ ุจุฑุฌู„ู‡ ุฃูˆ ูŠุฌู„ุณ ุนู„ูŠู‡ ุจู…ู‚ุนุฏุชู‡ ู„ูŠู‚ุนุฏ ุนู„ูŠู‡ ุฃูˆ ูŠู„ุทุฎู‡ ุจุงู„ู†ุฌุงุณุฉ ุฃูˆ ูŠุณุจู‡ ูˆูŠุณุจ ู…ู† ุชูƒู„ู… ุจู‡ ุฃูˆ ู…ุง ุฃุดุจู‡ ู‡ุฐุง ูุฅู† ู‡ุฐุง ุฑุฏุฉ ุนู† ุงู„ุฅุณู„ุงู… ู†ุนูˆุฐ ุจุงู„ู„ู‡ … ูˆูƒูุฑ ุฃูƒุจุฑ ู†ุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุนุงููŠุฉ. ู†ุนู….
ุงู„ู…ู‚ุฏู…: ุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠูƒู….
https://binbaz.org.sa/fatwas/7700/ุญูƒู…-ุงุญุฑุงู‚-ุงู„ู‚ุฑุงู†-ุณู‡ูˆุง-ูˆุนู…ุฏุง