Beranda Manhaj Firqoh-Firqoh Lagi : Tentang Khawarij

Lagi : Tentang Khawarij

655
0
BERBAGI

Nama Grup/Aliran – Khawaarij
Pengikutnya disebut – Khariji, jamaknya – Kharijiyyun

Khawarij adalah sekte/aliran yang muncul diketahui saat terbunuhnya ‘Ali ibn Abi Thalib (Radhiyallaahu ‘anhu) yang berkenaan dengan masalah kepemimpinan/kekuasaan.

Mereka membikin metode sendiri yang menyelisihi (menurut mereka sendiri) Ustman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib (radiyallahu anhumaa) dan tidak mempedulikan kepemimpinan Imam (Khulafaur Rasyidin) bahkan berupaya menggulingkan mereka, jika dia dianggap melanggar Sunnah.

Juga, mereka akan mengkafirkan (mencap seseorang murtad/kafir) jika seseorang yang berbuat dosa besar, dan mengklaim mereka yang berdosa besar berada selamanya di Neraka.

Ash-Syahrastaanii mendefinisikan mereka (Khawarij) sebagai berikut :
((Setiap orang yang keluar/meninggalkan, melawan, (berupaya menggulingkan) kepemimpinan yang syah/diangkat, maka dia keluar dari Jamaah, telah disepakati mereka disebut sebagai Khaariji.

Maka, dalam hal ini (seseorang disebut Khariji), walaupun dia meninggalkan (melawan Imam yang muslim) terjadi pada saat pemerintahan Khulafaur Rasyidin, atau pemerintahan lainnya seperti di masa Tabi’iin.

Dan beberapa ulama Salaf menyebut siapa-siapa yang mengikuti pemahaman Islam seperti keyakinan mereka, juga disebut sebagai Khawaarij.

Khaawarij adalah firqah yang muncul dalam sejarah Islam, kini telah berpecah sampai lebih dari 20 anak aliran/sub sekte. Akan tetapi yang paling besar diantaranya adalah :
1) al-Mahkamah al-Ulaa;
2) al-Azaariqah;
3) an-Najdaat;
4) ath-Tsu’aalabah;
5) al-‘Ajaaridah;
6) al-Abaadhiyyah;
7) as-Safriyyah.

Beberapa sub sekte didalamnya termasuk :
1) al-Ibaatsiyyah;
2) ash-Syamraakhiyyah;
3) as-Salaydiyyah;
4) as-Sirriyyah;
5) al-‘Azriyyah;
6) al-‘Ajradiyyah;
7) ash-Syakkiyyah;
8) al-Fadzaliyyah;
9) al-Bayhasiyyah;
10) al-‘Atwiyyah;
11) al-Fadiikiyyah;
12) al-Ja’diyyah;
13) ash-Shaybiyyah;
14) al-Hururiyyah;
15) al-Khamariyyah;
16) ash-Syaraah.

Mengenai ciri-ciri dari nama-nama diatas akan dipublikasikan mengingat keterbatasan waktu, insyaa-Allaah.